Sholat sunnah rawatib yaitu sholat – sholat sunnah yang mengikuti sholat fardhu di antaranya adalah:
1. Dua rakaat sebelum sholat fajar (subuh).
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha beliau berkata:
لَمْ يَكُنْ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى شَيْءٍ مِنْ النَّوَافِلِ أَشَدَّ مِنْهُ تَعَاهُدًا عَلَى رَكْعَتَيْ الْفَجْرِ
“Tidak ada shalat sunnah yang lebih Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tekuni daripada dua raka’at fajar”. HR. Bukhari dan Muslim.
2. Empat rakaat sebelum sholat dzhuhur dan empat rakaat setelah sholat dzhuhur.
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ لَا يَدَعُ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ
“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah meninggalkan shalat sunnat empat reka’at sebelum Dzhuhur dan dua raka’at sebelum shalat Shubuh”. HR. Bukhari.
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha ketika ditanya tentang sholat sunnahnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau menjawab:
كَانَ يُصَلِّي فِي بَيْتِي قَبْلَ الظُّهْرِ أَرْبَعًا ثُمَّ يَخْرُجُ فَيُصَلِّي بِالنَّاسِ ثُمَّ يَدْخُلُ فَيُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ
“Beliau (Nabi) shalat di rumahku empat raka’at sebelum dzhuhur, kemudian keluar dan shalat mengimami manusia, seusai shalat beliau melaksanakan dua raka’at sunnah.” HR. Muslim.
Dari Ummu Habibah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam beliau berkata; “Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
ُمَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ
“Barangsiapa bisa menjaga empat rakaat sebelum zhuhur dan empat rakaat setelahnya maka Allah akan mengharamkannya masuk neraka.” HR. Imam yang lima. At-Tirmidzi berkata hadits ini hadits hasan shahih gharib dari jalur ini.
Adapun saat sholat jum’at, maka sholat sunnahnya seperti sholat dzhuhur karena sholat jum’at adalah pengganti sholat dzhuhur.
Dari Abu Hurairah beliau berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِذَا صَلَّى أَحَدُكُمْ الْجُمُعَةَ فَلْيُصَلِّ بَعْدَهَا أَرْبَعًا
“Jika salah seorang dari kalian telah menunaikan shalat Jum’at, maka hendaklah ia shalat empat raka’at setelahnya.” HR. Muslim.
وَرُوِي عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ أَنَّهُ كَانَ يُصَلِّي قَبْلَ الْجُمُعَةِ أَرْبَعًا وَبَعْدَهَا أَرْبَعًا
Diriwayatkan dari Abdullah bin Mas’ud bahwa beliau shalat empat raka’at sebelum sholat jum’at dan empat raka’at setelah shalat jum’at. HR. At-Tirmidzi.
Dzahir dari amalan Ibnu Mas’ud tersebut adalah tauqifi yakni beliau mengetahuinya dari amalan Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.
3. Empat rakaat sebelum sholat ashar.
Dari Ibnu Umar dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:
رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعًا
“Semoga Allah merahmati orang yang shalat empat rakaat sebelum ashar.” HR. At-Tirmidzi. Beliau berkata hadits ini hasan gharib.
Dari Ali beliau berkata;
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي قَبْلَ الْعَصْرِ أَرْبَعَ رَكَعَاتٍ يَفْصِلُ بَيْنَهُنَّ بِالتَّسْلِيمِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam melaksanakan shalat empat rakaat sebelum asar, dan beliau memisahkan antara empat rakaat tersebut dengan mengucapkan salam.” HR. At-Tirmidzi. Beliau berkata hadits ini hadits hasan.
4. Dua raka’at sebelum sholat maghrib dan dua raka’at setelah sholat maghrib.
Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radhiyallahu ‘anhu beliau berkata;
حَفِظْتُ مِنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَشْرَ رَكَعَاتٍ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِي بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ فِي بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ وَكَانَتْ سَاعَةً لَا يُدْخَلُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِيهَا
“Aku menghafal sesuatu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berupa shalat sunnat sepuluh raka’at yaitu; dua raka’at sebelum shalat Zhuhur, dua raka’at sesudahnya, dua raka’at sesudah shalat Maghrib di rumah Beliau, dua raka’at sesudah shalat ‘Isya’ di rumah Beliau dan dua raka’at sebelum shalat Shubuh, dan pada pelaksanaan shalat ini tidak ada waktu senggang buat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. HR. Bukhari dan Muslim.
Sepuluh raka’at sholat sunnah yang terdapat dalam hadits tersebut lebih dianjurkan dibandingkan sholat sunnah yang lain. Kesunnahan sholat selain sepuluh raka’at tersebut telah dijelaskan oleh dalil – dalil yang sebelumnya.
Selain itu disukai juga sholat dua raka’at yang ringan (tidak memanjangkan bacaan) sebelum sholat maghrib.
Dari Anas bin Malik beliau berkata,
كَانَ الْمُؤَذِّنُ إِذَا أَذَّنَ قَامَ نَاسٌ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَبْتَدِرُونَ السَّوَارِيَ حَتَّى يَخْرُجَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُمْ كَذَلِكَ يُصَلُّونَ الرَّكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْمَغْرِبِ وَلَمْ يَكُنْ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ شَيْءٌ
“Jika seorang mu’adzin sudah mengumandangkan adzan (Maghrib), maka para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berebut mendekati tiang-tiang (untuk shalat sunnat) sampai Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam keluar, sementara mereka tetap dalam keadaan menunaikan shalat sunnat dua rakaat sebelum Maghrib. Dan di antara adzan dan iqamat Maghrib sangatlah sedikit (waktunya).” HR. Bukhari dan Muslim.
5. Dua raka’at sebelum sholat isya’ dan dua raka’at sesudah sholat isya’ ditambah satu raka’at witir.
Dari ‘Abdullah bin Mughaffal beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلَاةٌ ثُمَّ قَالَ فِي الثَّالِثَةِ لِمَنْ شَاءَ
“Antara dua adzan (adzan dan iqamah) ada shalat (sunah).” Kemudian pada ucapan beliau yang ketiga kalinya, beliau menambahkan: “Bagi yang mau.” HR. Bukhari dan Muslim.
Adapun dalil sholat sunnah dua raka’at setelah sholat isya’ adalah hadits yang disampaikan oleh Ibnu Umar mengenai sepuluh sholat sunnah yang beliau hafal.
Mengenai sholat witir, Ibnu Umar meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
الْوِتْرُ رَكْعَةٌ مِنْ آخِرِ اللَّيْلِ
“Witir adalah satu rakaat yang dilakukan di akhir malam.” HR. Bukhari dan Muslim.
Satu raka’at witir adalah jumlah raka’at yang paling sedikit, adapun jumlah pertengahannya adalah tiga raka’at dan jumlah paling banyaknya adalah sebelas raka’at.
Dari ‘Aisyah istri Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau berkata;
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي فِيمَا بَيْنَ أَنْ يَفْرُغَ مِنْ صَلَاةِ الْعِشَاءِ وَهِيَ الَّتِي يَدْعُو النَّاسُ الْعَتَمَةَ إِلَى الْفَجْرِ إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً يُسَلِّمُ بَيْنَ كُلِّ رَكْعَتَيْنِ وَيُوتِرُ بِوَاحِدَةٍ فَإِذَا سَكَتَ الْمُؤَذِّنُ مِنْ صَلَاةِ الْفَجْرِ وَتَبَيَّنَ لَهُ الْفَجْرُ وَجَاءَهُ الْمُؤَذِّنُ قَامَ فَرَكَعَ رَكْعَتَيْنِ خَفِيفَتَيْنِ ثُمَّ اضْطَجَعَ عَلَى شِقِّهِ الْأَيْمَنِ حَتَّى يَأْتِيَهُ الْمُؤَذِّنُ لِلْإِقَامَةِ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat antara habis shalat isya’ yang biasa disebut ‘atamah hingga waktu fajar. Beliau melakukan sebelas rakaat, setiap dua rakaat beliau salam, dan beliau juga melakukan witir satu rakaat. Jika muadzin shalat fajar telah diam, dan fajar telah jelas, sementara muadzin telah menemui beliau, maka beliau melakukan dua kali raka’at ringan, kemudian beliau berbaring diatas lambung sebelah kanan hingga datang muadzin untuk iqamat.” HR. Muslim.
Dari Abu Ayyub Al-Anshari beliau berkata; Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
الْوِتْرُ حَقٌّ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِخَمْسٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِثَلَاثٍ فَلْيَفْعَلْ وَمَنْ أَحَبَّ أَنْ يُوتِرَ بِوَاحِدَةٍ فَلْيَفْعَلْ
“Witir adalah sebuah hak atas setiap muslim, barang siapa yang mau melakukan witir lima raka’at maka hendaknya ia melakukannya dan barang siapa yang mau melakukan witir tiga raka’at maka hendaknya ia melakukannya, dan barang siapa yang mau melakukan witir satu raka’at maka hendaknya ia melakukannya.” HR. Abu Dawud.
Rujukan:
al-Bugha, Dr. Musthafa Diib. At-Tadzhib fii Adillat Matan al-Ghayah wa at-Taqrib.