Boleh bagi musafir untuk menjama’ (mengumpulkan) antara sholat zhuhur dengan sholat ashar pada waktu mana saja saat zhuhur atau ashar yang dikehendaki. Demikian juga boleh bagi musafir untuk menjama’ sholat maghrib dengan sholat isya’ pada waktu mana saja saat maghrib atau isya’ yang dikehendaki.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَجْمَعُ بَيْنَ صَلَاةِ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ إِذَا كَانَ عَلَى ظَهْرِ سَيْرٍ وَيَجْمَعُ بَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam pernah menggabungkan sholat zhuhur dan sholat ‘ashar bila sedang dalam perjalanan dan menggabungkan sholat Maghrib dan shalat ‘Isya’.” HR. Bukhari.
Abu Dawud dan at-Tirmidzi meriwayatkan dan lafadznya adalah dari keduanya, dan juga diriwayatkan oleh yang lainnya dari Mu’adz radhiyallahu ‘anhu:
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ أَنْ تَزِيغَ الشَّمْسُ أَخَّرَ الظُّهْرَ حَتَّى يَجْمَعَهَا إِلَى الْعَصْرِ فَيُصَلِّيَهُمَا جَمِيعًا وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ صَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا ثُمَّ سَارَ وَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبَ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْعِشَاءِ وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ الْمَغْرِبِ عَجَّلَ الْعِشَاءَ فَصَلَّاهَا مَعَ الْمَغْرِبِ
“Bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam dalam Perang Tabuk, apabila beliau berangkat sebelum matahari tergelincir, beliau mengakhirkan waktu zhuhur hingga beliau menjama’ di waktu ashar, dan apabila berangkat setelah matahari tergelincir, beliau shalat zhuhur dan ashar, setelah itu beliau berangkat, dan apabila hendak berangkat sebelum maghrib, beliau mengakhirkan shalat maghrib hingga beliau mengerjakannya dengan shalat isya, jika beliau berangkat selepas maghrib, maka beliau memajukan sholat isya’ sehingga beliau kerjakan sholat maghrib dan isya’.”
Dibolehkan bagi orang yang hadir (dalam keadaan tidak safar) untuk menjama’ sholat saat hujan pada waktu sholat yang pertama dari kedua sholat yang dijama’.
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى بِالْمَدِينَةِ سَبْعًا وَثَمَانِيًا الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ
“Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah sholat tujuh dan delapan rakaat, zhuhur dan ashar, maghrib dan isya` ketika di Madinah.” HR. Bukhari dan Muslim.
Muslim menambahkan:
فِي غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا سَفَرٍ
“Bukan karena takut dan bukan pula karena safar.”
Dalam riwayat Bukhari, Abu Ayyub (yakni salah satu perawi) berkata:
لَعَلَّهُ فِي لَيْلَةٍ مَطِيرَةٍ
“Barangkali hal itu ketika pada malam itu hujan.”
Maka Ibnu Abbas pun menjawab: “Bisa jadi.”
Disyaratkan bagi sholat yang dijama’ karena hujan tersebut adalah sholat jama’ah di masjid atau di tempat yang jauh secara ‘urf atau kebiasaan. Tidak boleh menjama’nya pada waktu yang kedua karena boleh jadi hujan berhenti sehingga termasuk dalam mengeluarkan sholat dari waktunya tanpa udzur.
Wallahu ‘alam bi as-shawab.
Rujukan:
al-Bugha, Dr. Musthafa Diib. At-Tadzhib fii Adillat Matan al-Ghayah wa at-Taqrib.