Sholat Dua Hari Raya (Idul Fitri dan Idul Adha)

Sholat dua hari raya hukumnya sunnah muakkad. Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Abu Sa’id al-Khudriy radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالْأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى فَأَوَّلُ شَيْءٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلَاةُ ثُمَّ يَنْصَرِفُ فَيَقُومُ مُقَابِلَ النَّاسِ وَالنَّاسُ جُلُوسٌ عَلَى صُفُوفِهِمْ فَيَعِظُهُمْ وَيُوصِيهِمْ وَيَأْمُرُهُمْ فَإِنْ كَانَ يُرِيدُ أَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ أَوْ يَأْمُرَ بِشَيْءٍ أَمَرَ بِهِ ثُمَّ يَنْصَرِفُ

“Pada hari raya Idul Firi dan Adha Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam keluar menuju tempat shalat (lapangan), dan pertama kali yang beliau kerjakan adalah shalat hingga selesai. Kemudian beliau berdiri menghadap orang banyak sedangkan mereka dalam keadaan duduk di barisan mereka. Beliau memberi pengajaran, wasiat dan memerintahkan mereka. Dan apabila beliau ingin mengutus pasukan, maka beliau sampaikan atau beliau perintahkan (untuk mempersiapkannya), setelah itu beliau berlalu pergi.”

Sholat dua hari raya dilaksanakan sebanyak dua raka’at. An-Nasa’i dan yang lainnya meriwayatkan dari Umar radhiyallahu ‘anhu bahwa beliau berkata:

صَلَاةُ الْجُمُعَةِ رَكْعَتَانِ وَصَلَاةُ الْفِطْرِ رَكْعَتَانِ وَصَلَاةُ الْأَضْحَى رَكْعَتَانِ وَصَلَاةُ السَّفَرِ رَكْعَتَانِ تَمَامٌ غَيْرُ قَصْرٍ عَلَى لِسَانِ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

“Shalat Jum’at dua raka’at, shalat Idul Fitri dua raka’at, dan shalat Safar dua raka’at. Itu semua adalah sempurna, bukan qashar (diringkas) menurut lisan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.”

Sholat dua hari raya dilaksanakan dengan bertakbir sebanyak tujuh kali pada raka’at yang pertama selain dari takbiratul ihram, dan bertakbir sebanyak lima kali pada raka’at yang kedua selain dari takbir saat berdiri dari raka’at pertama.

Dari Amru bin ‘Auf al-Muzani radhiyallahu ‘anhu:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَبَّرَ فِي الْعِيدَيْنِ فِي الْأُولَى سَبْعًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ وَفِي الْآخِرَةِ خَمْسًا قَبْلَ الْقِرَاءَةِ

“Bahwa Nabi Shallahu ‘alaihi wa sallam bertakbir dalam dua shalat Ied, pada raka’at pertama tujuh kali sebelum membaca ayat dan pada raka’at kedua lima kali sebelum membaca ayat.” HR. At-Tirmidzi. Beliau berkata: hadits ini adalah hadits yang paling hasan dalam bab ini dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.

Dalam rangkaian sholat dua hari raya, khutbah dilaksanakan dengan dua khutbah setelah sholat. Khatib bertakbir sebanyak sembilan kali pada khutbah yang pertama dan bertakbir sebanyak tujuh kali pada khutbah yang kedua.

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَأَبُو بَكْرٍ وَعُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يُصَلُّونَ الْعِيدَيْنِ قَبْلَ الْخُطْبَةِ

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, Abu Bakar, dan ‘Umar radhiyallahu ‘anhu mereka melaksanakan shalat dua Hari Raya sebelum khutbah.”

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma:

سَأَلَهُ رَجُلٌ شَهِدْتَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعِيدَ أَضْحًى أَوْ فِطْرًا قَالَ نَعَمْ وَلَوْلَا مَكَانِي مِنْهُ مَا شَهِدْتُهُ يَعْنِي مِنْ صِغَرِهِ قَالَ خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَصَلَّى ثُمَّ خَطَبَ وَلَمْ يَذْكُرْ أَذَانًا وَلَا إِقَامَةً ثُمَّ أَتَى النِّسَاءَ فَوَعَظَهُنَّ وَذَكَّرَهُنَّ وَأَمَرَهُنَّ بِالصَّدَقَةِ فَرَأَيْتُهُنَّ يَهْوِينَ إِلَى آذَانِهِنَّ وَحُلُوقِهِنَّ يَدْفَعْنَ إِلَى بِلَالٍ ثُمَّ ارْتَفَعَ هُوَ وَبِلَالٌ إِلَى بَيْتِهِ

“Bahwa ia pernah ditanya oleh seorang laki-laki, “Apakah Anda pernah shalat ‘Idul Fithri atau Adha bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam?” Ia menjawab, “Ya. Sekiranya bukan karena kedudukanku saat itu, aku tidak mungkin melihatnya.” Yakni, saat itu ia masih kecil. Ibnu Abbas melanjutkan, “Saat itu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam keluar lalu shalat dan melanjutkannya dengan khuthbah. Beliau tidak menyebutkan adzan dan tidak pula iqamah. Sesudah itu, beliau mendatangi kaum wanita dan memberi peringatan bagi mereka dan memerintahkan mereka untuk bersedekah, maka aku melihat mereka mempreteli perhiasan telinga dan leher mereka lalu menyerahkan (anting dan kalung) mereka kepada Bilal.” Kemudian ia bersama Bilal mengangkatnya ke rumah beliau.” HR. Bukhari.

Imam as-Syafi’i di dalam al-Umm meriwayatkan dari Ubaidullah bin Abdullah bin Uthbah beliau berkata:

السُّنَّةُ أَنْ يَخْطُبَ الْإِمَامُ فِي الْعِيدَيْنِ خُطْبَتَيْنِ يَفْصِلُ بَيْنَهُمَا بِجُلُوسٍ

“Merupakan sunnah imam berkhutbah pada shalat dua hari raya dengan dua khutbah, antara keduanya dipisahkan dengan duduk.”

Al-Baihaqiy juga meriwayatkan darinya:

السُّنَّةُ أَنْ تُفْتَتَحَ الْخُطْبَةُ بِتِسْعِ تَكْبِيرَاتٍ تَتْرَى ، وَالثَّانِيَةُ بِسَبْعِ تَكْبِيرَاتٍ تَتْرَى

“Merupakan sunnah untuk membuka khutbah dengan sembilan kali takbir berturut – turut dan pada khutbah yang kedua tujuh kali takbir berturut – turut.”

Disunnahkan bertakbir sejak terbenamnya matahari pada malam hari raya hingga imam sholat hari raya.

Allah ta’ala berfirman:

وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَىٰ مَا هَدَاكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur.” QS. Al-Baqarah: 185.

Para ulama’ mengatakan bahwa konteks ayat tersebut adalah pada hari raya idul fitri, sedangkan takbir pada hari raya idul adha diqiyaskan dengan takbir pada hari raya idul fitri.

Takbir pada hari raya idul adha: dilakukan setelah sholat fardhu mulai dari subuh di hari Arafah hingga ashar pada hari terakhir hari tasyriq.

Al-Hakim meriwayatkan dari Umar dan Ammar radhiyallahu ‘anhuma:

 أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَجْهَرُ فِي الْمَكْتُوبَاتِ بِ ” بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ ” ، وَكَانَ يَقْنُتُ فِي صَلاةِ الْفَجْرِ ، وَكَانَ يُكَبِّرُ مِنْ يَوْمِ عَرَفَةَ صَلاةَ الْغَدَاةِ ، وَيَقْطَعُهَا صَلاةَ الْعَصْرِ آخِرَ أَيَّامِ التَّشْرِيقِ

“Bahwasanya Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam mengeraskan bacaan bismillahirrahmanirrahim nya pada sholat wajib, qunut di sholat fajar, bertakbir sejak sholat subuh di hari arafah, dan mengakhiri takbirnya pada sholat ashar di akhir hari tasyriq.” Al-Hakim berkata, hadits ini hadits shahih sanadnya dan aku tidak lebih mengetahui di dalam riwayatnya penisbatan celaan.

Imam al-Bukhari berkata:

وَكَانَ عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يُكَبِّرُ فِي قُبَّتِهِ بِمِنًى فَيَسْمَعُهُ أَهْلُ الْمَسْجِدِ فَيُكَبِّرُونَ وَيُكَبِّرُ أَهْلُ الْأَسْوَاقِ حَتَّى تَرْتَجَّ مِنًى تَكْبِيرًا وَكَانَ ابْنُ عُمَرَ يُكَبِّرُ بِمِنًى تِلْكَ الْأَيَّامَ وَخَلْفَ الصَّلَوَاتِ وَعَلَى فِرَاشِهِ وَفِي فُسْطَاطِهِ وَمَجْلِسِهِ وَمَمْشَاهُ تِلْكَ الْأَيَّامَ جَمِيعًا

Adalah Umar radhiyallahu ‘anhu bertakbir di kubah di kota Mina, orang – orang yang ada di masjid mendengarnya sehingga mereka pun ikut bertakbir, orang – orang yang ada di pasar pun juga ikut bertakbir hingga kota Mina riuh dengan takbir. Ibnu Umar bertakbir di kota Mina pada hari – hari itu, saat setelah sholat, di atas tempat tidurnya, di tendanya, di tempat duduknya, dan di perjalanannya pada hari itu seluruhnya. (Shahih Bukhari, kitab ‘Idain, bab at-Takbir Ayyam Mina).

Wallahu ‘alam bi as-shawab.

Rujukan:
al-Bugha, Dr. Musthafa Diib. At-Tadzhib fii Adillat Matan al-Ghayah wa at-Taqrib.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *