Pertanyaan: Apakah boleh menggabungkan antara niat puasa qadha’ (puasa mengganti puasa yang ditinggalkan saat bulan ramadhan) dan niat puasa enam hari di bulan Syawal?
Jawaban oleh Dr. Ali Jum’ah
Dari Abi Ayyub al-Anshari radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
“Siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian diiringinya dengan puasa enam hari di bulan Syawwal, maka yang demikian itu seolah-olah berpuasa sepanjang masa.” HR. Muslim di dalam shahihnya.
Maka disunnahkan bagi seorang muslim untuk berpuasa enam hari di bulan Syawal setelah Ramadhan untuk mengumpulkan pahala yang besar ini.
Adapun mengenai menggabungkan antara niat puasa enam hari di bulan Syawal ataupun sebagiannya dengan puasa qadha’ di bulan Syawal, maka diperbolehkan bagi seorang muslim untuk niat puasa sunnah dengan niat puasa fardhu. Sehingga seorang muslim akan mendapatkan dua pahala dengan yang demikian itu.
Al-Hafidz as-Suyuthi berkata di dalam “Al-Asybah wa An-Nadhair” (1/22):
“Apabila berpuasa di hari Arafah seperti puasa qadha’, nadzar, atau kafarat dan niat bersama dengan puasa tersebut niat puasa arafah, maka Al-Bariziy berfatwa sahnya hal tersebut dan diperolehnya puasa keduanya. Beliau berkata: demikianlah diungkapkan. Maka hal itu mengikuti masalah tahiyyat”.
Maksud dari masalah tahiyyat tersebut adalah sholat dua raka’at tahiyyat masjid sebagaimana perkataan Imam al-Bujairimiy dalam “Hasiyah”nya (1/280):
“Dan diperoleh dengan dua raka’at maka itu adalah paling banyak, yakni diperoleh keutamaannya meskipun sholat itu adalah sholat fardhu atau sholat sunnah yang lain. Sama saja apakah engkau niatkan bersamanya ataukah tidak berdasarkan khobarnya syaikhain Bukhari dan Muslim:
إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ
“Jika seorang dari kalian masuk ke dalam masjid maka janganlah dia duduk sebelum shalat dua raka’at”.
Dan karena maksudnya adalah adanya sholat sebelum duduk, maka sungguh telah ada sholat tersebut.”
Para ulama’ berdalil dengan yang demikian itu atas bolehnya memasukkan puasa sunnah di bawah puasa fardhu, namun tidak sebaliknya. Yakni tidak boleh memasukkan niat puasa wajib di bawah niat puasa sunnah.
Dibangun atas hal ini: maka boleh bagi seorang wanita muslimah untuk mengqadha puasa ramadhan yang ditinggalkannya di bulan Syawal dan dengan puasa tersebut tercukupi puasa sunnah enam hari di bulan Syawal serta memperoleh pahala puasa sunnah tersebut. Hal ini karena puasa qadha’ tersebut ada di bulan Syawal.
Kecuali bahwa sesungguhnya yang paling sempurna dan paling afdhal adalah puasanya seorang muslim atau muslimah yang berpuasa qadha’ terlebih dahulu kemudian baru berpuasa sunnah enam hari di bulan Syawal atau berpuasa sunnah enam hari terlebih dahulu di bulan Syawal kemudian baru berpuasa qadha’. Karena diperolehnya pahala dengan menggabungkan puasa qadha’ dan puasa sunnah tidak berarti diperolehnya pahala yang sempurna. Sesungguhnya hal itu berarti diperolehnya pahala puasa sunnah karena bersumber dengan menyandarkannya kepada pahala puasa fardhu. Inilah yang dinyatakan oleh al-Ramli dalam perkataannya:
“Apabila berpuasa Syawal, Nadzar, atau yang lainnya di bulan Syawal atau di hari Asyuro’ maka diperoleh baginya pahala puasa sunnah sebagaimana difatwakan Al-Waalid rahimahullah ta’ala mengikuti Al-Bariziy, Al-Asfauniy, An-Nasyiri, al-Faqih Ibnu Sholah al-Hadhromi dan yang selainnya. Akan tetapi tidak diperoleh baginya pahala yang sempurna yang diberikan kepada orang – orang yang diseru”. Yakni yang diseru dalam perintah Nabawi dengan mengikuti puasa ramadhan dengan puasa enam hari di bulan Syawal.
Wallahu subhanahu wa ta’ala ‘alam.
===============================
Naskah fatwa:
الجمع بين صيام القضاء وصيام الست من شوال
الرقم المسلسل : 3572
التاريخ : 12/09/2011
هل يجوز أن يجمع الإنسان بين نية صيام القضاء ونية صيام الأيام الستة من شوال؟
الجواب : فضيلة الأستاذ الدكتور علي جمعة محمد
عن أَبِي أَيُّوبَ الأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وآله وَسَلَّمَ قَالَ: «مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ» رواه مسلم في “صحيحه” فيسن للمسلم صيام ستة أيام من شوال بعد رمضان، تحصيلًا لهذا الأجر العظيم.
أما عن الجمع بين نية صوم هذه الأيام الستة أو بعضها مع أيام القضاء في شهر شوال، فيجوز للمسلم أن ينوي نية صوم النافلة مع نية صوم الفرض، فيحصل المسلم بذلك على الأجرين.
قال الحافظ السيوطي في “الأشباه والنظائر” (1/ 22): [ولو صام في يوم عرفة مثلًا قضاء أو نذرًا أو كفارة ونوى معه الصوم عن عرفة، فأفتى البارزي بالصحة والحصول عنهما. قال: كذا إن أطلق. فألحقه بمسألة التحية] اهـ.
والمقصود بمسألة التحية ركعتَي تحية المسجد حيث قال الإمام البجيرمي في “حاشيته” (1/ 280): [وتحصل بركعتين فأكثر، أي يحصل فضلها ولو كان ذلك فرضًا أو نفلًا آخر، سواء أنويت معه أم لا؛ لخبر الشيخين: «إذَا دَخَلَ أَحَدُكُمْ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسْ حَتَّى يُصَلِّيَ رَكْعَتَيْنِ»؛ ولأن المقصود وجود صلاة قبل الجلوس وقد وجدت] اهـ.
فاستدل العلماء بذلك على جواز اندراج صوم النفل تحت الصوم الفرض، وليس العكس؛ أي لا يجوز أن تندرج نية الفرض تحت نية النفل.
وبناء عليه: فيجوز للمرأة المسلمة أن تقضي ما فاتها من صوم رمضان في شهر شوال، وتكتفي به عن صيام الست من شوال، ويحصل لها ثوابها؛ لكون هذا الصيام قد وقع في شهر شوال.
إلا أن الأكمل والأفضل أن يصوم المسلم أو المسلمة القضاء أولًا ثم الست من شوال، أو الست من شوال أولًا، ثم القضاء؛ لأن حصول الثواب بالجمع لا يعني حصول كامل الثواب، وإنما يعني حصول أصل ثواب السنة بالإضافة إلى ثواب الفريضة، وهو ما عبر عنه الرملي في قوله: [ولو صام في شوال قضاءً أو نذرًا أو غيرهما أو في نحو يوم عاشوراء حصل له ثواب تطوعها، كما أفتى به الوالد رحمه الله تعالى تبعًا للبارزي والأصفوني والناشري والفقيه بن صالح الحضرمي وغيرهم، لكن لا يحصل له الثواب الكامل المرتب على المطلوب] اهـ. أي المطلوب في الأمر النبوي بإتباع رمضان بستة من شوال.
والله سبحانه وتعالى أعلم.
Sumber:
http://dar-alifta.org.eg