Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha beliau berkata:
مَا شَبِعَ آلُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ خُبْزِ شَعِيرٍ يَوْمَيْنِ مُتَتَابِعَيْنِ حَتَّى قُبِضَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
Keluarga Muhammad ﷺ tidak pernah kenyang roti gandum dua hari berturut-turut hingga Rasulullah ﷺ wafat. HR. Bukhari dan Muslim.
Dalam satu riwayat:
مَا شَبِعَ آلُ مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُنْذُ قَدِمَ الْمَدِينَةَ مِنْ طَعَامِ بُرٍّ ثَلَاثَ لَيَالٍ تِبَاعًا حَتَّى قُبِضَ
“Semenjak tiba di Madinah, keluarga Muhammad ﷺ tidak pernah merasa kenyang dari makanan gandum hingga tiga malam berturut-turut sampai beliau meninggal.”
Bahasa Hadits:
آلُ مُحَمَّدٍ
Yakni keluarga Muhammad ﷺ. Yang dimaksud dengan keluarga beliau ﷺ di sini adalah istri – istri beliau dan orang yang bergantung pada mereka dari para pembantunya. Pada asalnya, yang disebut dengan keluarga beliau ﷺ dari sisi pemuliaan adalah mereka yang bernasab kepadanya dan istri -istrinya, juga dari sisi keharaman menerima zakat mereka adalah orang mu’min dan mu’minat Bani Hasyim dan Bani Abdul Muthalib yang dinisbatkan kepadanya dari jalur ayah.
بُرٍّ
Yakni biji gandum.
Faidah Hadits:
Berpalingnya Rasul ﷺ dari dunia dan zuhudnya beliau di dunia. Yang demikian itu bukan tentang kebutuhan, sungguh beliau telah ditawari dengan gunung menjulang tinggi yang terbuat dari emas namun beliau menolaknya. Tidaklah ini bertentangan dengan bahwasanya di akhir hidupnya beliau menyimpan makanan setahun baginya dan keluarganya, sesungguhnya setelah beliau menyimpannya beliau menginfakkannya untuk memenuhi kebutuhan orang – orang yang membutuhkan, sehingga tidak tersisa apa yang beliau simpan bagi mereka.
Wallahu ‘alam bi as-shawab.
Rujukan:
al-Bugha, Dr. Musthafa dkk. Nuzhatul Muttaqin Syarh Riyadhus Shalihin.