Hal – hal yang tertinggal dalam sholat termasuk dalam salah satu dari kategori:
1. Fardhu (Sholat)
2. Sunnah (Ab’adh)
3. (Sunnah) Hai’ah.
Adapun bila yang tertinggal adalah fardhu sholat, maka tidak dapat digantikan dengan sujud sahwi. Bila ia mengingatnya dan waktunya dekat, ia dapat mengerjakan fardhu sholat yang ditinggalkan tersebut dan ditambah dengan sujud sahwi.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu beliau berkata:
صَلَّى بِنَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الظُّهْرَ أَوْ الْعَصْرَ فَسَلَّمَ فَقَالَ لَهُ ذُو الْيَدَيْنِ الصَّلَاةُ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنَقَصَتْ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِأَصْحَابِهِ أَحَقٌّ مَا يَقُولُ قَالُوا نَعَمْ فَصَلَّى رَكْعَتَيْنِ أُخْرَيَيْنِ ثُمَّ سَجَدَ سَجْدَتَيْنِ قَالَ سَعْدٌ وَرَأَيْتُ عُرْوَةَ بْنَ الزُّبَيْرِ صَلَّى مِنْ الْمَغْرِبِ رَكْعَتَيْنِ فَسَلَّمَ وَتَكَلَّمَ ثُمَّ صَلَّى مَا بَقِيَ وَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَقَالَ هَكَذَا فَعَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam shalat Zhuhur atau ‘Ashar bersama kami, lalu Beliau memberi salam. Kemudian Dzul Yadain berkata kepada Beliau: “Wahai Rasulullah, apakah shalat dikurangi (raka’atnya)?” Maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berkata kepada para sahabatnya: “Benarkah yang dikatakannya?” Orang-orang menjawab: “Benar”. Maka Beliau menyempurnakan dua raka’at yang tertinggal lalu sujud dua kali”. Berkata Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu: “Begitulah yang dikerjakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam “. HR. Bukhari.
Bila yang tertinggal adalah sunnah ab’adh sholat (yakni membaca qunut pada sholat subuh dan takhiyat awal): maka tidak dapat kembali kepadanya setelah tertutupi oleh fardhu sholat selanjutnya (misalnya saja terlanjur berdiri tegak namun belum duduk takhiyat awal pada rakaat kedua sholat empat raka’at). Akan tetapi ia cukup sujud sahwi (yakni sujud karena lupa) untuk menggantinya.
Dari ‘Abdullah Ibnu Buhainah radhiyallahu ‘anhu bahwa beliau berkata;
صَلَّى لَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَكْعَتَيْنِ مِنْ بَعْضِ الصَّلَوَاتِ ثُمَّ قَامَ فَلَمْ يَجْلِسْ فَقَامَ النَّاسُ مَعَهُ فَلَمَّا قَضَى صَلَاتَهُ وَنَظَرْنَا تَسْلِيمَهُ كَبَّرَ قَبْلَ التَّسْلِيمِ فَسَجَدَ سَجْدَتَيْنِ وَهُوَ جَالِسٌ ثُمَّ سَلَّمَ
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pernah shalat dua raka’at diantara shalat Beliau, lalu Beliau berdiri dan tidak duduk, Maka orang-orang ikut berdiri mengikuti Beliau. Ketika Beliau menyelesaikan shalatnya (empat raka’at) sedangkan kami sedang menunggu-nunggu Beliau memberi salam, Beliau bahkan bertakbir sebelum memberi salam kemudian sujud dua kali dalam posisi duduk lalu baru memberi salam”. HR. Bukhari dan Muslim.
Dari Al Mughirah bin Syu’bah beliau berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
إِذَا قَامَ أَحَدُكُمْ مِنْ الرَّكْعَتَيْنِ فَلَمْ يَسْتَتِمَّ قَائِمًا فَلْيَجْلِسْ فَإِذَا اسْتَتَمَّ قَائِمًا فَلَا يَجْلِسْ وَيَسْجُدْ سَجْدَتَيْ السَّهْوِ
“Jika salah seorang dari kalian berdiri pada raka’at kedua namun belum sempurna dalam berdirinya, hendaklah ia duduk. Namun jika telah tegak berdiri janganlah duduk, hendaklah ia sujud sahwi dengan dua kali sujud. ” HR. Ibnu Majah dan Abu Dawud.
Bila yang tertinggal adalah sunnah haiat (yakni seperti membaca tasbih dalam ruku’): maka tidak perlu kembali mengulangnya setelah meninggalkannya dan tidak perlu sujud sahwi untuk menggantinya. Hal ini karena tidak adanya ketetapan mengenainya dan tidak ada contohnya dari Nabi.
Bila ragu dalam jumlah raka’at yang telah dikerjakan (misalnya ragu apakah sudah empat raka’at atau masih tiga raka’at yang telah dikerjakan), maka ambillah yang yakin yakni jumlah raka’at paling sedikit dan laksanakan sujud sahwi.
Dari Abu Sa’id al-Khudri beliau berkata, “Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam bersabda,
إِذَا شَكَّ أَحَدُكُمْ فِي صَلَاتِهِ فَلَمْ يَدْرِ كَمْ صَلَّى ثَلَاثًا أَمْ أَرْبَعًا فَلْيَطْرَحْ الشَّكَّ وَلْيَبْنِ عَلَى مَا اسْتَيْقَنَ ثُمَّ يَسْجُدُ سَجْدَتَيْنِ قَبْلَ أَنْ يُسَلِّمَ فَإِنْ كَانَ صَلَّى خَمْسًا شَفَعْنَ لَهُ صَلَاتَهُ وَإِنْ كَانَ صَلَّى إِتْمَامًا لِأَرْبَعٍ كَانَتَا تَرْغِيمًا لِلشَّيْطَانِ
‘Apabila salah seorang dari kalian ragu dalam shalatnya, dan tidak mengetahui berapa rakaat dia shalat, tiga ataukah empat rakaat maka buanglah keraguan, dan ambilah yang pasti (yaitu yang sedikit). Kemudian sujudlah dua kali sebelum memberi salam. Jika ternyata dia shalat lima rakaat, maka sujudnya telah menggenapkan shalatnya. Dan jika, ternyata shalatnya memang empat rakaat maka kedua sujudnya itu adalah sebagai penghinaan bagi setan’.” HR. Muslim.
Sujud sahwi hukumnya adalah sunnah karena sujud sahwi hanya disyariatkan untuk menggantikan sunnah ab’adh bukan untuk menggantikan fardhu sholat. Waktu dilaksanakannya sujud sahwi adalah sebelum salam sebagaimana disebutkan di atas.
Wallahu ‘alam bi as-shawab.
Rujukan:
al-Bugha, Dr. Musthafa Diib. At-Tadzhib fii Adillat Matan al-Ghayah wa at-Taqrib.