Yesus/Nabi Isa Adalah Tetap Hamba Allah Bukan Anak Tuhan Meski Lahir Tanpa Ayah

Tags:

Suatu ketika, Nabi shollallahu ‘alaihi wasallam kedatangan pendeta – pendeta dari Najran. Mereka marah kepada Rasulullah karena Rasul menyebut Nabi Isa atau Yesus sebagai hamba Allah dan bukan anak tuhan sebagaimana kaum Nasrani biasa menyematkan gelar tersebut kepada Yesus. Mereka bertanya kepada Rasul: “Apakah engkau pernah melihat seorang manusia yang dilahirkan tanpa bapak? Kalaulah kamu benar maka kami pasti menjumpai yang semisal dengan Yesus”. Maka kemudian Allah menurunkan surat Ali Imran ayat 59 yang merupakan jawaban atas lemahnya argumentasi mereka. Allah berfirman bahwa ada yang semisal dengan Isa atau Yesus yaitu Nabi Adam ‘alaihissalam. Bahkan Nabi Adam jauh lebih dahsyat penciptaannya daripada Nabi Isa karena Nabi Adam diciptakan tanpa adanya Ibu dan Bapak. Lalu mengapa mereka tidak menyembah Nabi Adam juga? Sungguh lemah argumentasi mereka dan Maha Suci Allah dari yang mereka persekutukan. Allah ta’ala berfirman:

إِنَّ مَثَلَ عِيسَىٰ عِنْدَ اللَّهِ كَمَثَلِ آدَمَ ۖ خَلَقَهُ مِنْ تُرَابٍ ثُمَّ قَالَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ)
(الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ فَلَا تَكُنْ مِنَ الْمُمْتَرِينَ

Sesungguhnya misal (penciptaan) Isa di sisi Allah, adalah seperti (penciptaan) Adam. Allah menciptakan Adam dari tanah, kemudian Allah berfirman kepadanya: “Jadilah” (seorang manusia), maka jadilah dia.
(Apa yang telah Kami ceritakan itu), itulah yang benar, yang datang dari Tuhanmu, karena itu janganlah kamu termasuk orang-orang yang ragu-ragu. (QS. Ali Imran : 59-60).

Rujukan utama: Tafsir al-Munir Syaikh Wahbah Zuhaili.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *