Ringkasan Ilmu Tauhid (Makna Dua Kalimat Syahadat)

Pembahasan sebelum – sebelumnya mengenai hal – hal yang wajib, jaiz, dan mustahil pada Allah ta’ala dan pada Rasul-Nya ‘alaihim as-shalatu wassalam digali dari Kalamullah dan Sabda Rasul shallallahu ‘alaihi wasallam serta dari apa yang ditetapkan oleh prinsip – prinsip akal yang selamat. Setiap yang telah kita bahas sebelum – sebelumnya terhimpun dalam:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلٌ الله

“Aku bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah Rasulullah”.

Yang demikian itu karena kalimat yang pertama maknanya adalah: penetapan uluhiyyah (ketuhanan) Allah ta’ala dan penafian selain-Nya. Uluhiyyah (ketuhanan) itu menetapkan wajibul wujud, qidam (dahulu), kekal, dan setiap sifat yang telah kita sebutkan sebelum – sebelumnya dalam pembahasan sifat -sifat wajib bagi Allah ta’ala. Sehubungan dengan sifat wajib tersebut, sesungguhnya lawannya adalah sifat mustahil bagi Allah ta’ala. Dan apa – apa yang selain dari sifat wajib dan mustahil tersebut adalah hal – hal yang boleh atau jaiz bagi Allah ta’ala.

Adapun kalimat yang kedua, maknanya adalah: penetapan risalah sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam. Hal ini menetapkan keimanan kepada setiap yang dikabarkannya kepada kita. Sungguh beliau telah mengabarkan kepada kita mengenai sifat – sifat Allah ta’ala, para malaikat, kitab yang diturunkan, para rasul, hari akhir, dan taqdir. Beliau juga mengabarkan kepada kita sifat – sifat para rasul ‘alaihim as-shalatu wassalam, apa saja yang wajib, jaiz (boleh), dan mustahil bagi mereka. Beliau juga mengabarkan kepada kita bahwasanya beliau adalah utusan Allah kepada manusia seluruhnya. Oleh karena inilah sesungguhnya seorang muslim itu manakala ia mengucapkan dua kalimat syahadat itu ia memperbarui keimanannya dengan seluruh aqidah Islamiyah yang dibawa oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Berikut ini adalah beberapa pembahasan sebelumnya:

ILAHIYAH

NUBUWWAH

Wallahu ‘alam bi as-shawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *