Larangan Menyakiti

وعن عبدِ الله بن عمرو بن العاصِ رضي الله عنهما، قَالَ: قَالَ رسولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: ((المُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ المُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ، والمُهَاجِرُ مَنْ هَجَرَ مَا نَهَى اللهُ عَنْهُ)). متفق عَلَيْهِ.

Dari Abdullah bin Amru bin al-Ash radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata: Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang Muslim adalah orang yang mana kaum Muslimin selamat dari lisannya dan tangannya. Sedangkan orang yang hijrah adalah orang yang meninggalkan segala yang dilarang oleh Allah” (HR. Bukhari dan Muslim).

Bahasa hadits:
المُسْلِمُ
Orang Islam, yaitu orang yang masuk Islam dan mengucapkan dua kalimat syahadat. Yang dimaksud di sini adalah orang yang sempurna keIslamannya.

وَيَدِهِ
Dan tangannya, bisa mencakup makna hakiki, dan bisa mencakup makna majazi, yaitu kekuasaan.

والمُهَاجِرُ
Orang yang hijrah, atau meninggalkan keluarga dan tanah airnya ke tempat lain, untuk berjihad di jalan Allah. Yang dimaksud di sini adalah orang yang berhijrah secara sempurna.

مَنْ هَجَرَ
Orang yang meninggalkan maksiat karena mematuhi perintah Allah.

Faidah Hadits:
1. Perintah menjauhi setiap hal yang memgakibatkan mudharat bagi kaum Muslimin.

2. Di antara kesempurnaan keislaman seseorang adalah membersihkan diri dari dosa – dosa. Dan di antara kesempurnaan hijrah adalah meninggalkan maksiat dan menghiasi diri dengan perbuatan taat.

Wallahu ‘alam bi as-shawab.

Rujukan:

al-Bugha, Dr. Musthafa dkk. Nuzhatul Muttaqin Syarh Riyadhus Shalihin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *