Bertakwalah Kepada Allah di Mana Saja

Dari Abu Dzar radhiyallahu ‘anhu dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam beliau bersabda:
اتَّقِ اللَّهِ حَيْثُمَا كُنْتَ وَأَتْبِعْ السَّيِّئَةَ الْحَسَنَةَ تَمْحُهَا وَخَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ
“Bertakwalah kamu kepada Allah di mana saja kamu berada dan ikutilah setiap keburukan dengan kebaikan yang dapat menghapuskannya, serta pergauilah manusia dengan akhlak yang baik.” HR. At-Tirmidzi. Beliau berkata hadits ini hadits hasan shahih.

Bertakwalah kepada Allah ta’ala yaitu dengan melaksanakan perintah – perintah-Nya dan menjauhi larangan – larangan-Nya di manapun kita berada. Baik itu dilihat oleh manusia ataupun tidak dilihat oleh manusia. Baik itu di dunia nyata ataupun di dunia maya, tetap saja kita harus bertakwa kepada Allah ta’ala. Dengan berada di dunia maya misalnya, bukan berarti lantas kita boleh berbicara sebebas – bebasnya meskipun melanggar syariat, apa yang kita tulis dan kita sampaikan di dunia maya pun harus senantiasa sesuai dengan perintah Allah. Siapa kita di dunia maya, itulah kita yang sebenarnya.

Salah satu faidah hadits ini adalah bahwasanya amal – amal kebaikan itu dapat menghapuskan catatan – catatan keburukan yang kita lakukan. Dikatakan juga bahwa penghapusan catatan keburukan tersebut adalah yang berkaitan dengan dosa – dosa kecil. Adapun yang berkaitan dengan dosa – dosa besar maka harus melakukan taubat serta memenuhi syarat – syarat taubatnya. Disamping itu juga, dosa – dosa tersebut tidak berkaitan dengan hak – hak manusia sebab dosa terhadap sesama manusia hanya dapat dihapuskan dengan meminta maaf dan menyelesaikannya secara langsung kepada orang yang pernah diambil hak nya. Wallahu ‘alam bis-showwab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *